Tutorial Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah kamu melihat iklan lowongan pekerjaan di KR hari Sabtu, ada beberapa iklan lowongan yang menarik. Lalu kamu membuat surat lamaran kerja untuk lowongan-lowongan itu. Surat lamaran kerja berbeda dengan surat cinta, tidak usah banyak bermanis-manis kata, promosikan dirimu sewajarnya saja. Yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran, agar HRD perusahaan idaman kamu termehek-mehek membaca surat lamaranmu:

Tulisan Jelas

Mau diketik komputer, mesin tik atau ditulis tangan yang penting jelas. Kalau komputer, jangan sampai tinta printermu mblobor. Atau memilih jenis huruf yang aneh aneh; misalnya Webdings. Untuk tulisan tangan, mungkin ada yang mbatin “Tahun 2015 masih pakai tulisan tangan!Seriusli?” Eh, kalau mau melamar PNS, surat lamarannya masih ditulis tangan kan?

CV atau Lamaran atau Surat Lamaran?

Kalau kamu berkunjung ke rumah tetangga. Pasti ketok pintu, kulanuwun, disuruh masuk, basa-basi, baru ngomong mau apa, penutup lalu pamit pulang. Begitu juga dengan surat lamaran. Di awal ada surat lamaran sebagai basa-basi pengantar, mau melamar posisi apa di bagian tengah, sedikit menceritakan lulusan mana, IPK berapa bagi yang fresh graduate, menceritakan sedikit pengalaman bagi yang berpengalaman, lalu ditutup dengan “Besar harapan saya blablabla”

CV adalah kamu, riwayat hidup kamu, yang ditulis secara singkat. Kalau saya, hanya membaca singkat surat lamaran diperbanyak membaca di CV. Kalau bagus ya disimpan, kalau nggak ya begitulah.

Jujur 

Jujur itu baik dan sangat dianjurkan. Tapi kalau terlalu jujur dan menulis apa adanya, itu namanya polos.

tumblr_inline_mkzdgg0JrJ1qz4rgp

Lewat Email atau Lewat Pos

Sesuai selera dan petunjuk di iklan lowongan. Kalau iklan lowongannya mengharuskan kirim lewat pos ya kirimlah lewat pos, kalau mengharuskan kirim lewat email ya kirimlah lewat email. Kirim lewat pos itu gampang, masukkan lamaran ke amplop, pasang perangko terus kirim di kantor pos.

Yang perlu diingat jika mengirim via email

  • Pdf, filenya pdf saja. Lebih sedikit ukurannya.
  • Perhatikan total ukuran email yang dikirim, biasanya ada maksimal ukuran email. Contoh di kumpeni saya 2 MB
  • Subyek email harap jelas, melamar apa, posisi apa. seperti itu.
  • Jangan hanya melampirkan CV, sedang isi emailnya kosong. Baiknya ditulislah di emailnya, maksudnya apa, basa-basilah.
  • Jangan maruk, mentang-mentang email itu bisa kirim ke banyak perusahaan. Terus satu lamaran dalam satu email dikirim ke banyak perusahaan. TO-nya banyak banget.

Berikut contoh email lamaran kerja yang cukup baik:

tumblr_inline_mktmewIAxu1qz4rgp

Kalau yang berikut ini tidak disarankan ditiru:

Email  kosong, hanya lampiran saja
Email kosong, hanya lampiran saja
Forward lamaran dari lamaran ke perusahaan lain
Forward lamaran dari lamaran ke perusahaan lain

 

Pergunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Sesuaikan bahasa yang akan anda pergunakan di surat lamaran dengan iklan lowongan. Kalau iklan lowongan memakai Bahasa Inggris ya pakailah Bahasa Inggris di surat lamaran, begitu pula kalau iklan lowongan memakai Bahasa Indonesia. Kalau anda tidak menguasai Bahasa Inggris tetapi iklan lowongannya memakai Bahasa Inggris, sebetulnya itu sudah dijadikan seleksi awal oleh perusahaannya. Jangan nekad

tumblr_inline_mmieh2NoE41qz4rgp

 

Ubo Rampe

Dalam iklan lowongan, pasti dicantumkan “…sertakan pasfoto 8X9, fotokopi kartu keluarga, KTP, SKCK…”. Jangan dilupakan ubo rampe tersebut. Secukupnya dan sesuai yang diminta. Nggak perlu disertakan surat kontrak dengan perusahaan yang lama, biar pada tahu gajimu berapa. Nggak perlu lah. Secukupnya dan sewajarnya.

Terakhir, sebelum surat lamaran anda kirim, sebelum anda klik tombol send. Periksa ulang surat anda, barangkali ada salah kata, typo atau ada yang kurang pas.

tumblr_nkl4vo9n711snxk0vo1_500

 

Author: Veta Mandra

Karyawan Kerja Waktu Tertentu bagian HRD, tinggal di Bantul bagian timur. Istrinya satu anaknya tiga. Tiga sudah cukup, karena yang ditanggung asuransi perusahaan cuma segitu.

Originally posted 2015-03-03 15:56:24.

Comments 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares