Istilah Martabak Manis Yang Merusak Harfiah Terang Bulan

Kurang lebih seperti itulah carukmarut yang terjadi saat ini ang mengancam perpecahaan antar umat. Di Jogja sendiri Martabak secara harfiah sebenarnya tidak pernah ada yang manis. Karena yang manis itu hanya kamu. Yang manis itu hanya terang bulan. Istilah martabak manis sebenarnya lebih umum setahu ane di Jakarta.

Istilah ini membingungkan para pedagang lama yang udah puluhan tahun. Salah satunya yang lumayan agaj tua mungkin yang ada di Mandala Krida. Dari ane TK terang bulan dan martabak itu sudah ada.

Martabak itu setahu ane dari dulu dan menurut wikipedia adalah Martabak (bahasa Arab: مطبق, berarti “terlipat”) merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman ( Ya ane suka cewek Yaman ) , Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi.

Akulturas budaya dan tipikal orang indonesia yang tidak mau berfikir lebih sehingga menyamaratakan iltilah hanya karena bentuknya yang hampir sama saat masih setengah jadi. Bahkan orang dibuat bingung dengan nama Martabak Mesir, Martabak Bangka, Martabak Asin, Martabak Telur, Martabak Mini dll. Hadeh hadeh , Plis kalian yang keknian yang merusak sejarah dan membingungkan ane saat membeli Martabak.

Jangan merusak standarisasi bentuk yang sudah ada sejak puluhan tahun. Ane akan agak sara disini. Ane seorang cowok keturunan yang tinggal hampr seperempat abat lebih di Jogja merasa prihatin dengan carut marut ini. Martabak yangversi asli ( ane menyebutnya asli ) lebih condong memang ke makanan agak ada citarasa India nya agak kayak kuah kare aroma dan rasanya. Bahkan sampai orang kita tidak bisa membedakan Mesir dan India terus mengistilakan Martabak Mesir, Apa pula ini.

seriouseats, C0M
seriouseatscom

Menurut hasil postingan yang sudah sulu ada yang sudah dikopas sejak awal mula internet hingga saat ini. Sejarah Martabak di indonesia adalah seperti ini .

Sejarah dari kue Martabak ini sendiri juga cukup menarik untuk disimak, berawal dari seorang pemuda dari Tegal Jawa tengah yang bernama Ahmad bin Abdul Karim berkelana ke kota besar yaitu Semarang untuk berdagang pada tahun 1930. Kemudian beliau bertemu seorang warga India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary yang pandai memasak dan menjadi sahabat.

Suatu ketika Abdullah yang berasal dari India ini diajak kekampung halaman Ahmad dan diperkenalkan dengan saudara perempuannya, dan perkenalan tersebut menghasilkan pernikahan antara keduanya. Abdullah ini juga pandai membuat sebuah masakan yang terbuat dari terigu yang disebut martabak, karena beliau tinggal di Indonesia sehingga membuat kue Martabak yang lebih disesuaikan untuk lidah orang Jawa yang suka memakan sayuran, yaitu martabak yang berisi sayuran yang dicampur dengan bahan lainnya.

Karena makanan ini banyak disukai maka banyak kerabat dan tetangga dari Ahmad sahabatnya dan istrinya yang diajari membuat kue martabak tersebut, bahkan makanan ini juga sering diperkenalkan diberbagai acara diluar kota seperti pasar malam, maupun acara sekatenan di Yogyakarta dan dugderan di Semarang. Dan kini martabak sangat populer di negeri tercinta kita ini dan sudah tersebar.

 

Tanpa dikasih tambahan istilah telur menjadi Martabak Telur, Martabak itu ya menggunakan telur. Yang special telurnya lebih dari satu. Dan alkulturasi budaya dan pengiritan membuat standari sasi lag untuk lebih membuatnya agak murah dengan telur ayam biasa bukan menggunakan telur bebek. Kenapa menggunakan telur bebek ? karena ya kalau diruntut dari sejarah awal berasal dari tegal yang jelas gak jauh dari brebes penghasil telur bebek ternama. Dan juga gak jauh beda dengan di India yang juga masih banyak peternak bebek. Ane lebih seneng ngomong pake data masalahnya

 

Sedang Terang Bulan ( istilah di Jogja dan Semarang ) adalah Hok Lo Pan, ini juga ane copasin artikel yang sudah banyak dicopas juga puluhan tahun tanpa ada yang menggulas dan melakukan rekam jejak dan sejarah hingga saat ini.

Makanan Khas Bangka Belitung.  Hok Lo Pan diciptakan oleh orang-orang Hakka ( Khek ) Bangka.  Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan. Arti Hurfiah Hok Lo Pan adalah Kue Orang Hok Lo.

Hok Lo Pan adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun sepertinya mudah. Hanya 12 Menit menunggu Hok Lo Pan pun Jadi. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Ringkasnya seperti itu. Kini, isi dalam Hok Lo Pan beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja.

indoresepwebid
indoresepwebid

Kalau dilihat dari sejarah itu dan populasi Terang Bulan di Jogja dan Semarang mungkin karena tidak jauh dari sjarah itu karena kelompok tionghoa di Jogja dan Semarang lumayan. Di Jogja sendiri terangbulan enak atau lebih tepatnya terangbulan warung / pedang lama adalah terangbulan di seputaran daerah pecinan malioboro unda-undi. Dulu ada ada yang enak dibelakang Mol Jogja itu ane lupa sekarang masih jualan apa enggak. Walaupun makin kesini yang jual memang sangat jarang orang tionghoa untuk saat ini. bahkan yang di mandala Krida itu pun bukan orang tionghoa.

Jadi stop ngomong Martabak manis didepan muka ane kecuali kamu bungkusin buat ane. Penyama rataan nama dan keik mauan orang kita untuk berfikir sebelumnya tidak hanya dalam istilah martabak ini. namun seperti SANYO dalam MESIN POMPA AIR. Dan juga HONDA untuk istilah MOTOR.

Kenapa ane sebuh istilah ini jika tidak dibuatkan standari sasi oleh Mentri akan timbul kecaruk marutan dan perselisihan antar umat, karena suatu waktu ane pernah pesen martabak tapi malah dibungkusin terang bulan. Dan mencoba bilang Martabak untuk mengganti istilah terang Bulan malah ane juga salah dibungkusin Martabak bukannya terangbulan. Dan ane malah cekcok hingga akan bersimbah darah karena menjaga pendapatnnya masing2. Boleh memberi nama Martabak manis tapi kalau tidak dilipat itu bukan Martabak secara harfiah, jangan buat ane bingung karena tidak adanya standari sasi. Bahkan kebingungan itu juga sampai ke level pedagang dengan memberi nama Terang Bulan Martabak Manis xXx. 90% mungkin emang bingung dan 10% mengejar keyword.

Baca Tulisan iQbal Khan lainnya di Jagongan DISINI

 

Author: iQbal Khan

Full Time Blogger | Grey Hat SEO | Web Developer & Optimization

Comments 81

  • Penggunaan istilah martabak manis ni bisa dianggap sebagai penistaan terhadap terang bulan..

  • Dan ane malah cekcok hingga akan bersimbah darah karena menjaga pendapatnnya masing2.

    blablabla

  • Di semarang ad yg bilang kue bandung lho

  • 10% mengejar keyword jare.. wis daring to le bakulan? 😆

    tapi bener, martabak manis ki wagu.. martabak yo digoreng ngono kae.. pertama kali penasaran, mbasan bukak wadahe ealah jenenge aneh aneh jebul yo terang bulan.. tapi enak sih.. ~

  • Knp km gamau disebut martabak manis? Segitunyakah? Sejarah utk dipelajari bukan didiktatori..

  • Seperempat abad ente abisin di jogja aja? Cobalah ente tengok dunia luar, tempat lain yg ga bikin ente jd kaum elitist seperti sekarang ini.. Apa ane marah pas di jogja pesen es teh dikasihnya es teh manis? Apa ane marah pas nanya arah jalan disuruh ke arah barat udah kaya mau ngambil kitab suci?! Jadi intinya ente ini harus lebih nerima akan adanya istilah lain dalam proses akulturasi, hormat menghormati dalam perbedaan.. Ga semua yg ada di jogja itu harus seperti itu di tempat lain.. Yang penting kita hindari perpecahan umat.. Serius amat bacanya mas bero.. Baru ane kepikiran beginian eh ada yg nulis ni artikel! Hahaha sip!

  • martabak manis itu kayak:

    +: “mau minum apa, mas?”
    -: “es teh anget.”

    es teh, kok, anget? martabak, kok, manis?

    • Huhahah, coba mas di bandung atau jakarta ke warung2 gitu kalau cuma bilang es teh pasti dikasih es teh tawar. Sedang di Jogja es teh itu selalu manis kecuali bilang tawar :)))

  • Di semarang lebih populer orang nyebut pake nama kue bandung haha. Waktu dulu pertama kali aku pindah ke balikpapan aku ga mudeng sama sekali kue terang bulan itu apa haha

  • Terang bulan yha terang bulan.
    Martabak yha martabak.
    Yang penting saya pernah minum es teh panas ~

  • Hampir 1/3 abad, lahir di Jogja asli, tahunya ya Terang Bulan. Entah kapan Martabak Manis masuk merusak tatanan kedamaian di sini #teamterangbulan

  • Di Jalan Magelang ada terang bulan yang penjualnya orang Tionghoa, enak tapi rodo larang amargo pakai keju sak kotak diparut kabeh.

  • terang bulan udah tipis kecil, mahal lg, terus rasanya gada apa” klo dibanding martabak manis disumatera wkakaka…

  • Terus pasti bakalan aneh kalo jadi lagu rakyat. Orang kenalnya “padhang bulan, padhane kaya rino”, bukan ” martabak manis, manise kaya rino”. #TeamTerangBulan

  • Baiklah…mungkin saya korban masa kecil yg dicekoki istilah ‘terang bulan = martabak manis’..
    Agak aneh dan gak terima wkt kuliah (dan kembali) ke Jogja, analogi itu diputar terbalik ‘martabak manis = terang bulan’
    Sekarang, kenapa disebut terang bulan?apa krn bentuknya bulat kayak bulan wkt diangkat?tp toh dilipet juga gak mirip bulan kan?

    Btw spt komen di atas,saya besar di smg jadi disana dibilangnya kue bandung (rada gak nerima jg sbnernya)

  • apalah arti sebuah nama, mau martabak manis mau kue terang bulan rasanya akan tetap sama ;))

    • Iya kalau dari segirasa sama2 enak, namun ketika mengharap Martabak untuk lauk dan dibelikan martabak manis itu sangat menyesakkan dada. Memakan nasi dengan lauk terang bulan itu terasa aneh 😀

  • Yang mesti dilacak ini sejarah penyimpangannya. Kesesatan siapa yang menyebut terbul jadi martabak manis. Menyebar pula. Untung di kota saya masih setia pada terbul.

    • Iya ini, kasus ini harus segera dituntaskan. jangan sampai sampai terjadi perpecahan seperti rendang dengan kecap dan rendang tanpa kecap. Ane setuju bung dengan usul anda.

  • Finallya, ada yang nulis tentang ini. Terang bulan itu bukan martabak,.. :p

  • penulis blog ini mungkin kurang jalan-jalan
    saya dari lahir dan kecil hidup di sumatera barat,berpindah pindah ke beberapa kota tapi masih dalam provinsi yg sama
    dari saya masih kecil sampe SMA kalo ada yg bertanya,kamu mau martabak?maka yang akan diberikan adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung dan rasanya manis yang dimasak di wajan anti lengket berbentuk bulat dan ditaburi coklat,kacang,gula,susu kental manis,keju,jagung,dan berbagai macam pilihan topping lainnya lalu dipotong dan dilipat 2 dan bagian luarnya diolesi mentega
    ada juga yang namanya martabak mesir,bukan tidak bisa membedakan mesir dan india,tapi sejarahnya makanan ini dibawa ke ranah minang oleh pendatang yang mirip dengan orang arab namun berkulit lebih gelap dan mengaku berasal dari mesir,martabak mesir ini kadang juga disebut martabak kubang karena martabak ini kalau di sumatera barat hanya bisa ditemukan di restoran kubang.

    ketika kuliah di bandung,saya baru tau kalo saya ingin martabak yg selama ini saya makan,harus menambahkan embel2 manis menjadi martabak manis,karna tukang martabak dibandung selalu menjual 2 varian,manis dan asin atau telor
    si martabak telor ini walaupun mirip secara bentuk,tapi punya rasa yg jauh berbeda dari martabak mesir,apalagi si martabak telor ini punya opsi penambahan jumlah telor dan mengganti telornya antara ayam atau bebek

    saya baru tau kalo si martabak atau martabak manis ini disebut terang bulan waktu main ke jogja,dan saya baru tau kalo hok lo pan yang saya baca di novel laskar pelangi itu adalah martabak atau martabak manis atau terang bulan dari blog ini

    dan saat ini saya ada di batam,dan si martabak atau martabak manis atau terang bulan atau hok lo pan disini berubah nama lagi menjadi martabak bandung
    sedangkan si martabak asin atau martabak telur namanya menjadi martabak bangka

    jadi mana yang asli?semua makanan yg sama dengan nama yg berbeda kok,rasanya jg sama aja,sama-sama enak
    jadi apalah arti sebuah nama?yang penting lidah puas dan perut kenyang

  • Yup, ane juga gak sreg banget denger kata martabak manis, gak cuma di jogja dan semarang, bahkan di kota kecil kayak bojonegoro di jawa timur nyebutnya aja terang bulan, di surabaya aja nyebutnya terang bulan, sampe hits skarang terang bulan premium dengan isi kayak nutella, green tea, dll. Heran juga siapa yang bikin istilah martabak manis? Kalo ane bilang itu tolol

  • Syukur kalimantan masih belum tercemar yang namanya martabak manis, disini yang ada adalah martabak dan terang bulan. Keep the old school folks!

  • “Jangan merusak standarisasi bentuk yang sudah ada sejak puluhan tahun”

    Jangan merusak standarisasi bentuk yang sudah ada sejak ribuan tahun, terang bulan itu adanya di langit sebulan sekali :p

  • apa ada orang Malang yang ngambek karena bakwannya Malang di Jakarta malah disebut Krupuk?

    apa ada orang Bandung yang ngambek karena Bala Balanya Bandung di Jakarta malah disebut Bakwan atau sebaliknya?

    apa ada orang Kebumen yang ngambek karena Lanting Basahnya Kebumen di Jakarta dan Bandung malah disebut Cireng?

    apa ada orang Tiongkok yang ngambek karena Kue Keranjangnya Tiongkok di Jawa disebut dodol atau jenang?

    Indonesia luas, Bung. Dengan berbagai latar belakang budaya kulinernya.

    Anda mau ngambek bahwa di Thailand dan negara Indo-Cina lainnya menyebut kulit martabak dengan sebutan Roti?

    Saya sarankan Anda rajin menabung agar bisa keliling dunia, atau keliling Indonesia, atau paling tidak keliling Pulau Jawa.

    • Ya saya marah, karena ini menimbulkan kebingungan, ane sarakan anda untuk nabung dan beli makanan itu dan rasakan kebingungan itu sendiri, Ngapain harus keliling dunia beli obline aja ada, ada harus banyak piknik bung Dal

  • TerangBulan = Martabak Manis .
    Dorayaki = Burger Manis .

    Setuju??

    Wong jelas2 bahan dan cara masaknya beda.
    Yg satu gelepung digoreng. Yg satu adonan tepung ditumis kek bkin pancake.

    Knp ga skalian KebabTurki ganti nama LumpiaDaging ???

  • Coba akang ulin ka daerah bandung, jawa barat lah khususna, da eweuh nu ngarana terang bulan mah, nu aya ge martabak manis jeung martabak telor…

    Justru aneh didieu mun nyebutkeun terang bulan mah..

  • lucu amat ada orang Diktator Terang Bulan marah dan ngambek karena bingung saat pesan makan bahkan cekcok sampe tumpah darah wkwkwk

    belo’on

    pesen makanan mah liat menunya, namanya apa, deskripsinya gimana, baru pesen.

    geblek dipiara.

  • kue bandung om…istilah lain terang bulan 😀
    ane jua tinggal di papua dan penamaannya memang terang bulan, sampe sini (jogja) malah kaget pada bilang martabak manis.

  • Tl;dr
    Penulis ga mau bilang terang bulan itu martabak manis.

    in case ada yang males baca.

  • Dari kecil ane taunya ya terang bulan, kuliah di jkt malah baru tau itu namanya martabak manis. Aneh memang. Kecil di daerah timur itu namanya terang bulan. Sampe sekarang kekeh itu terang bulan. Wkwk

  • wah, bul komene dadi seru. macam orang tengah yang lagi marahin orang kanan yang lagi nyinyirin orang kiri. betul2 polemik berkepanjangan antara kaum konservatif, liberal, dan moderat :mrgreen:

  • Bahahaha. ente juga bego kalo nyebut kue terang bulan. namanya awalnya hok lo pan atau kuenya orang hok lo :v kenapa ente nyebutnya terang bulan? :v

  • 2013 ane baru pertama denger martabak manis, waktu itu ada temen minta beliin martabak manis dan sempet bingung itu makanan ky mana bentuknya. Ternyata itu terang bulan. Asyemmmm

  • Mau jadi martabak telor atau martabak asin, atau martabak manis atau terang bulan minumnya tetap teh botol sosro…

  • terang bulan , martabak manis bodo amat yang penting bisa di makan , kalau gak mau makan karena nama nya kasih ke orang yang lebih membutuhkan aja … jangan memakan makanan dari namanya saja tetapi dari ke steril an makanan itu sendiri , jika anda ingin makan martabak terang bulan , terus makan , didalamnya ada borax gimana ?? bikin kesel da jangan banyak cingcong makan , makan aja …

  • Anake Pak president dodolan martabak tuh atau tenang bukan atau apalah itu.. kalo mau standarisasi endorse aja 😀

  • Kapan hari di jalan juga ngobrolin ini sama suami. Nggak penting sih tapi menarik ditelusuri. Lha kok ndilalah nemu opinimu ini mas e. Lucu sih, penulusurannya boleh lah. Hahhaa. Tapi terlepas dari itu semuaaaaa tolong tulisannya kurang2in typo-nya yaaa dan terlepas dari ‘kegaulan’ cara penulisanmu, coba gunakan penulisan kata tertentu dengan EYD yang baik. Seperti “standari sasi” yang kamu tulis itu yang betul “standardisasi” 🙂

    Masukan saja ya biar tulisanmu makin ciamik dan sahih ???? salam kenal, btw ????

  • Sungguh, postingan ini telah menyadarkan umat akan kekeliruan yang nyata. Mohon untuk segera diajukan bersama agar segera ditindak para menteri. Amandemen bab pasal martabak dan terang bulan ini harus segera direalisasi demi kesatuan umat.

    *sesok pas neng Jogja arep nyobo pesen martabak asin terang bulan ah, piye jal hasil e.

  • sodara sy dr Jkt bingung pas beli martabak manis di Mlg
    Pedagangnya kgak ada yg mudeng

  • Ane pernah beli di Denpasar lebih dikenalnya juga Terang Bulan, yang jual kokoh2. Sepertinya beliau punya banyak cabang di sana dan sudah turun menurun. Hidup terang bulang!

  • Kue terang bulan itu Tiong Ciu pia

  • Betul itu….Bapak Saya Adalah Asli Generasi Pertama Dari Martabak Lebaksiu Tegal Dan Namanya Bapak Juga Ada Di Silsilah Asal Usul Martabak …Pak Sueb…Ya….Martabak Pak Sueb….Sekarang Sudah Generasi Ke 3 Sebagai Penerus

  • tp martabak ga kaya kue, karena lebih mirip omelet yg di bungkus terus kenapa dibilang kue martabak?
    yg mirip kue ya si terang bulan karena dari adonan

  • Salah satu korban dari istilah martabak manis ini adalah publik Malaysia. Suatu kali dulu ada program TV, jalan-jalan ke Bandung. Pembawa acaranya jajan terang bulan berkedok martabak manis. Ybs bilang, “Jangan salah ya, murtabak manis ini beza dengan kita punya murtabak.”

    Di Malaysia terang bulan disebut apam balik. Sementara martabak asli seperti yang disebutkan di tulisan disebut murtabak.

  • ane taunya terang bulan, semenjak populer martabak manis, ane pikir martabak biasa tapi rasanya manis, gatau nya terang bulan…

    kampreeet bener sumpah!

    Tau kan kalau perut lagi laper, nikmat banget kalau makan martabak yang rasanya gurih dan krenyes, isinya telur dan sayuran..

    Gataunya pas temen dateng malah bawain terang bulan, dalam hati gw bilang “martabak dari mana ini -_____-“” kampret bener! “

  • kalo di Pontianak mah nama nya apam pinang.. ndak tau juga darimana nama nya hihihihi

  • Ternyata bukan ane aja insan kawakan jogja yang merasakan keresahan penamaan terang bulan yang berubah jadi martabak manis
    Artikel yang heboh Mas, saya setuju! Hahaha…

  • Rumah saya sekarang ada di Bangka mas, tempat asalnya hok lo pan loh itu, tapi gak ada tuh penyebutan terang bulan, disana istilahnya ya Martabak dan Martabak Telur. Seharusnya saya juga protes ke anda mas karna sembarangan mengartikan Hok Lo Pan menjadi Terang Bulan tanpa asal-usul yang jelas :p

    Sebelum pindah ke Bangka saya tinggal di Pekanbaru, kalau disana namanya Martabak Bangka dan Martabak Mesir, nama Terang Bulan malah terkesan kayak merk soalnya kebanyakan gerobak nulisnya “Martabak Terang Bulan”.

    Semenjak kuliah di Jogja lah saya baru tau ada penyebutan Terang Bulan, karena seperti itulah teman-teman yang dari Kalimantan menyebut martabak manis yang saya kenal.

    Yah, intinya semuanya cuma soal keragaman berbahasa, mas. Saya tidak terlalu bawa serius kok, saya sebenernya cukup terhibur dengan tulisan ini hehe.

  • ha-ha-ha…. kegundahan kita sama mas. Saya Semarang…. sampe detik ini makanan yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, ragi, garam, telur, margarin, dan vanili serta topping meses coklat atau keju itu namanya KUE BANDUNG!! Saya malah heran dan gundah kenapa ada orang nyebut Terang Bulan dan Martabak Manis… ha-ha-ha…. Kegundahan bukan karna historis asal muasal makanan itu. Sepertinya kata “KUE BANDUNG” sudah menjajah pikiran saya sejak kecil… La wong di mana-mana gerobak penjual makanan ini kalo di Semarang tulisannya emang “kue bandung”…. Anggap saja beda nama, beda istilah ini kearifan lokal masing-masing daerah :p

  • Ya kalau yang cerita berasal dari tanah Jawa, versi ceritanya mungkin seperti ini.
    Coba dengar cerita dari orang dari tanah Melayu, mungkin akan lain lagi ceritanya 🙂

  • Sya lahir dan besar di cirebon, dari kecil saya di doktrin kalau kue ini namanya martabak manis
    Istilah terang bulan baru saya dapat waktu kuliah di bandung, dimana teman2 saya dri jogja, makassar, kendari, menyebut itu terang bulan, agak aneh memang bagi saya.. dan ini selalu membuat kami berdebat kalau mau beli martabak manis/terang bulan ????????

  • saya tinggal di Kalimantan Barat, istilah Terang Bulan baru saya temukan setelah saya kuliah di Malang. sebelumnya, di daerah saya tepatnya di kota Singkawang yang mayoritas adalah china menyebut makanan ini dengan sebutan “Apam Pinang”. Martabak tetap rasanya selalu asin dan tidak ada sebutan martabak manis disana. Btw saya jarang beli martabak karena ibu saya tukang bikin martabak haha

  • Waktu itu di jakarta pernah nyoba beli martabak manis, trus ngga lama juga ketemu orang jualan terang bulan. pas dicoba dua2nya,,enak banget mas! sumpah rasanya sama banget!

  • Justru ini yang menarik dari negara Indonesia, jangankan martabak, banyak juga istilah makanan lain yang suka bikin bingung, seperti contohnya bakwan, di bandung bakwan itu semacam pangsit, di surabaya katanya semacam bakso, di jakarta jadi gorengan tepung..

    Kalo saya ketemu temen2 hal ini malah jadi bahan tertawaan, dan jadi bikin saya semangat untuk merantau dan mempelajari hal2 yang diluar kota/daerah saya sendiri..

    agar tidak seperti katak dalam tempurung, atau ikan besar yang merasa besar di kolam yang kecil.. ayoo merantauu biar lebih terbuka wawasannya, dan ga punya pikiran yang sempit 🙂 orang indonesia kebanyakan yang terjebak dalam comfort zone nya sendiri, jadi enggan menerima perubahan, karena dunia yang pernah dilihat nya terlalu sempit 🙂

    Hanya pemikiran sendiri sih, maaf jadi merembet jauh hahaha..
    Terang bulan/martabak manis, yang penting dua2nya tetep jadi masakan kebanggaan indonesia, yang kerap kali saya kasih ke orang asing, mereka pasti suka sekali dengan rasanya, dan bikin saya makin bangga dengan negara saya sendiri 🙂

  • seru ni, tolong jabarkan juga masalah penggunaan kata “Menghiraukan(hirau)” yang mulai carut marut pengartiannya, krna sering di samakan dengan Mengabaikan(abai) padahal itukan lawan katanya. karena itu juga merupakan ancaman nasional pemerkosaan kosa kata berbasis KBBI.

  • Ini sedikit sejarahnya.. ????, dulunya makanan favorit keluarga Mayor Belanda yg keturunan campuran Hoklo n Hakka (bermarga Chin atau Tan) di Sabang (Toboali). Ini makanan perpaduan makanan Belanda n Tionghoa, asli tdk pakai margarin, tapi mentega Wijsman. Dibawa ke Pinkong (Pangkalpinang) n jadi terkenal di lingkungan Hakka setelah pertama kali dijual di bioskop Hebe (bioskop pertama di Indonesia), hingga namanya dikenal sebagai Hoklopan. Dulu yg jualan ini biasanya pendekar Kungfu.. yg paling terkenal enak racikannya pendekar Yen Khong, anak2nya kemudian pecah antara jualan Hoklopan n roti biasa..
    Walaupun kue ini mulainya di Bangka sejak 1800an, tp istilah hoklopan baru dikenal sejak thn 50an. Org Melayu thn 60an nyebutnya ‘panekuk’, lalu org Melayu-Pakistan mengubahnya jadi ‘martabak manis’ di waktu berdekatan. Masuk Bandung thn 80an, angkatan Kebon Kawung, namanya jadi ‘martabak Bangka’. Masuk Jatim th 80an akhir, oleh angkatan ‘depan Gajah Mada’, Malang, namanya dibuat jadi ‘terang bulan’. Kl yg Jateng, rata2 bawa dari Bandung..

  • Ane baru paham terang bulan ye waktu 2002 pindah ke solo.. di solo ya ga ada martabak manis.. adanya terangbulan.. tp cb jelasin donk knp dinamakan terang bulan bray..
    Kynya spintas ane baca ga ada penjelasan si terbul..

    Ada kata2 yg paling konyol buat ane sih.. Bukan terbul atau martabak manis.. Tp “martabak telur”..
    Krn loe mau beli terbul/martabak manis ataupun martabak telur(pernah dgr juga ada yg bilang martabak asin) semua salah 1 bahan dasarnya khan telur ye..

  • Tdk hx perbedaan terang bulan / martabak manis….sy pun bingung jenis buah mangga yg sy tau sjak lahir dkota asal, sebut sj mangga A (harum manis) dkota sya, mangga B (mana lagi) dkota sya….tp tu smua terbalik stlh q hdup dkota sblah, mangga A (harum manis) & mangga B ( mana lagi), Bingung 😀 😀 😀

  • gara-gara istilah martabak manis, bikin saya sampai nyari di google “persamaan antara terang bulan dan martabak”, padahal beda jauh…
    Hidup Terang Bulan :v

  • Lebay.. seakan-akan menuliskan artikel yg scientific tapi tidak menggunakan sumber dan data yang jelas.. rugi waktu bacanya..

  • Waktu tinggal di jambi, hanya kenal martabak (manis). Pindah ke Makassar, ternyata namanya terang bulan. Beberapa kali salah sebut, mau pesan martabak (manis)/terang bulan, yang datang martabak telur hahahha
    Untung sekarang sudah terbiasa. Martabak yah yang asin, kadang dikasi tambahan kari, kadang acar mentimun
    Kalau terang bulan, yah yang manis…

  • Paraf petisi: hentikan penggunaan istilah martabak manis untuk terang bulan. Sungguh hal itu adalah suatu penghinaan buat martabak, juga buat terang bulan itu sendiri.

    Di tempat saya, orang-orang menyebut “ubi kayu” untuk “singkong”, malah kadang cuma bilang “ubi”. No way! Ubi is ubi, singkong is singkong.

    Buat petisinya, bang! Saya mendukung!

  • dari kecil saya taunya juga terang bulan.. makin kesini ada istilah martabak manis, trus ditambah lagi kue bandung.

    apa nama terang bulan terdengar ndeso hingga dipudarkan :((

  • Setuju banget.. pertama denger martabak manis langsung ilfeel.. (bayangin telur manis campur bawang dan daging)
    cuman baru tau klo asalnya juga pake terigu.. itu ada dagingnya ga?

  • Aku penggemar terang bulan garis keras ! Hail terang bulan. Ane juga paling jengkel ada yang jual bakmi jawa asli jogja tapi masak pake kompor gas! salam bakmi jawa garis keras

  • subhanallah, akhirnya saya terbebas dari berita carut marut hoaxnya martabak..

    jadi tau sekarang kalo kue martabak terang bulan manis bandung spesial telor bangka mesir itu ternyata bukan hoax..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 2

Shares