Nikmat Uritan Yang Mengguncang Lidah

download
rynari.wordpres.com

Uritan mungkin sebagian dari kita sudah tahu, namun mungkin ada sebagian yang tidak tahu. Ane jelaskan uritan adalah bakal telur; indung telur; atau telor muda yang masih di dalam perut ayamnya  dan belum berkulit cangkang.. Untuk mendapatkan uritan dalam skala besar memang susah. Sebagian hanya berharap seperti dapet jekpot ketika membeli ayam utuh mentah atau hidup dipasar ketika dipotong dia ada Uritannya. Walaupun memang dalam skala besar yang sangat serius sepertinya dengan ilmu peternakan semua ayam yang disembetih bisa dalam kedaan ada uritannya jika tahu masa ayam bertelurnya.

Itu tai sekilas tentang uritan, kali ini ane akan membahas tentang menu ini yang jarang banget orang suka bahkan sebagian tidak menganggap menu ini ada. Di Jogja sendiri uritan biasanya disajikan dalan bentuk sate diangkringan atau paling sering ada menu ini di soto, gudeg dan bakmi jawa. Karena keberadaannya sangat sulit sehingga biasanya menu lauk ini di sembunyikan, hanya diberikan kepada orang yang meminta. Kecuali yang model sate itu memang sudah di hidangkan.

Nikmatilah sensasi uritan ini di gudeg atau dinasi nagi goreng, namun penjual nasi goreng yang dia jual bakni jawa ya, Sensasinya seperti makan kuningan telur dalam jumlah banyak. Dari segi harga sebenarnya kita agak untung jika memesan nasi uritan dari pada nasi telur walau biasanya hanya selisih 2000-3000. Namun jumlah lauknya lebih banyak daripada kita hanya memesan lauk telur.

Namun jangan lupa jelas uritan ini kolesterolnya banyak. Kalau ane sensiri sih lebih suka uritan yang bener bener uritannya tok, usus dll nya tidak ikutan. Yang paling seneng banget adalah ketika membeli balungan tapi dibagian kerongkong ayam tersebut ada uritannya. itu rasanya seperti kita makan daging ayam bagian pafa atas tapi masih mendapatkan kenyak-kenyal seperti hati yang menempel ditulang atau seperti ketika makan di RM padang yang menyediakan free bumbu rendang tapi katutan daging rendang satu ruas jari. Pasti gak kebayangkan senengnya seperti apa.

.Jadi jangan lupa sekali kali nyobain sensasi makan gudeg uritan atau nasi goreng jawa uritan. Agar mata kita terbuka bahwa menu surga itu sakah satunya adalah itu.

Author: iQbal Khan

Full Time Blogger | Grey Hat SEO | Web Developer & Optimization

Comments 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

89 − = 79

Shares