Search results for «nasi goreng»

Nasi Goreng Pedes atau Nasi Goreng Lombok ?

Hal ini menjadi berdebatan dikalangan pecinta nasi Goreng. Seperti yang kita tahu bahwa nasi goreng adalah core dari semua cira rasa. Tidak banyak orang yang bisa membuat nasi goreng enak. Walau ini mungkin masakan paling simple. Namun semua tidak semudah kata kata Mario Teguh. Topik tentang nasi goreng sudah banyak dibahas di jagongan. Namun kali …

Nasi Goreng

Konon, hidangan ini adalah hidangan standar anak-anak kos jaman baheula, jauh sebelum mie instan populer sebagai sarana pertolongan pertama pada kelaparan. Tapi seiring dengan bergulirnya waktu, mie instan mulai menggeser nasi goreng sebagai alat darurat pengganjal perut di saat gawat. Memang dari sisi kepraktisan, memasak nasi goreng tidak sesederhana mie instan, tapi di masa lalu, hidangan …

Nasi Rames, Nasi Sayur, Nasi Uduk dan Sego Gurih Adalah Standarisasi Ganda

Banyak banyak salah pengertian dan membingungkan bagi ane mungkin juga sebagian kalian. jadi gini paradikam tentang semua arti kata dijudul itu masih mbingungi kadang. Ini ane akan mengartikan sesuai yang ane tahu selama seperempat abad hidup didunia ini terutama di jogja dan sesaat di solo. Sego Gurih Sego gurih adalah nasi gurih. nasi yang dtanak …

Soto ke Nasi atau Nasi ke Soto?

Setelah mbolos sekitar dua minggu sejak posting terakhir saya bab makanan dulu itu, sekitar dua minggu lalu saya menemukan pertanyaan menarik di twitter dari seorang kawan. Gini pertanyaannya: Jadi, kalau makan soto itu nasinya dicemplungin ke mangkok soto atau sebaliknya ya? — Ipoul Bangsari (@bangsari) November 26, 2014 Bayangkan, jika ada kawan yang se-selo itu berdiskusi …

Aku Gak Healthy Life Gakpapa!

Sudah pernah datang ke resepsi? Pasti pernah dong ya!. Nah saya kali ini mau cerita tentang pengalaman saya datang ke resepsi, pengalaman ini baru sekali saya alami dan ini soal makanan dan minuman di kondangan. Oh iya kebetulan resepsi yang saya datangi adalah resepsi dari sebuah keluarga keturunan tionghoa. Dalam hal penyajian makanan dan minuman …

Nostalgia Naik Kereta Api

Mungkin ndak sedikit yang seneng dengan pelayanan kereta api saat ini, gerbong bersih ndak ada sampah kececeran, ndak ada pengamen dan sekarang pake AC yang kalo terlalu dingin bisa komplain via twitter minta dikecilin. Serba enak dan nyaman kalo naik kereta sekarang ini. Tapi sebenarnya belakangan ketika saya masih sering bolak balik Kediri-Jogja, saya merindukan …

Nikmat Uritan Yang Mengguncang Lidah

Uritan mungkin sebagian dari kita sudah tahu, namun mungkin ada sebagian yang tidak tahu. Ane jelaskan uritan adalah bakal telur; indung telur; atau telor muda yang masih di dalam perut ayamnya  dan belum berkulit cangkang.. Untuk mendapatkan uritan dalam skala besar memang susah. Sebagian hanya berharap seperti dapet jekpot ketika membeli ayam utuh mentah atau hidup dipasar …

Tips Mendeteksi Keaslian Bakmi Jowo di Ibukota

Sebagai salah satu warisan boga Nusantara, bakmi Jowo memiliki tempat khusus di hati para penggemarnya, terutama mereka yang pernah merasakan kenikmatan hidangan ini di tempat bakmi Jowo ini berasal. Seperti yang dirasakan mereka yang pernah menghabiskan waktu di Yogyakarta, lalu lidah mereka berkenalan dengan bakmi Jowo yang khas itu di beberapa warung yang laris dan …

Tips Makan Murah Di Burjo dan Kaki Lima

Kali ini saya akan kembali dengan hasil riset yang sudah saya praktekan lebih dari belasan tahun selama hidup di Jogja. Dan tips makan murah ini bisa di terapkan mungkin di luar daerah Jogja karena faktor nya sama yang membedakan mungkin faktor orang dan harga di tiap daerah itu Pertama gimana caranya kita makan bisa dengan …

Gong

Hari Minggu ini adalah hari Minggu terakhir di 2014, dan kaitannya dengan makan dan minuman, ini mengingatkan pada kebiasaan beberapa orang -termasuk saya- yang menyisakan sebuah elemen makanan dari hidangan di piring/mangkuknya untuk disantap di bagian paling akhir dari rangkaian kegiatan makan tersebut. Beberapa orang mengistilahkan ini dengan “Gong”, karena memang kemudian fungsinya jadi seperti …

Burjo Tertua di Jogja

Kalau kamu tinggal di Jogja pasti gak akan asing lagi dengan yang namanya burjo, Burjo adalah singkatan dari bubur kacang ijo. Namun di era kekinian ini burjo sudah mulai keluardari pakemnya. Semua karena tuntutan pasar dan tuntutan jaman. Burjo yang sekarang tak jauh beda dengan warteg hanya yang jual adalah orang sunda khusunya Kuningan Tapi …

Lanang lan Wadon, luwih saru sopo?

Tanpa bermaksud menyudutkan salah satu jenis kelamin, saya mau mencoba memberikan beberapa pengalaman saya berbaur di masyarakat yang sangat memungkinkan terjadi percakapan yang nyrempet-nyrempet babagan saru. Terlebih hidup di desa yang banyak banget acara atau kegiatan yang mengharuskan srawung, obrolan yang awalnya biasa saja jadi mrembet ke perkara saru dan ternyata seru ya. Hahaha! Nggak! …

Burjo – Antara Tradisi dan Ilmu Ekonomi

Mungkin adalah tulisan ane tentang burjo untuk kesekian kalinya. Namun hampir setiap tulisan tentang burjo yang ane tulis di Jagongan memiliki cerita yang berbeda. Kali ini ane akan bercerita tentang Tradisi bahkan menjurus ke ideologi warung burjo yang terkadang harus berbenturan dengan ilmu ekonomi dan kebutuhan. Cerita menarik ini terinspirasi untuk menulis dari warung burjo …

Balungan Sebagai Cara Kita Mensyukuri Nikmat Tuhan

Balungan mungkin bukan hal yang aneh lagi untuk saat ini, ane mulai dari balungan itu sendiri. Balungan adalah sebuah kata yang bersumber dari kata balung, dalam bahasa jawa berarti tulang. Ya balungan ya berarti makanan dari tulangan. Ya pokoknya begitulah. Di era kebutuhan akan nutrisi terus bertambah, orang munafik semakin banyak, orang malu dan miskin …

Sate Telur Puyuh, Jet Li dan Pedang Pembunuh Naga

Ini adalah sebuah cerita yang saling bersinergi, saling terkait dalam ingatan ane sampai saat ini. Kenapa ane menulisnya Jet Li walau yang benar adalah Jet Lee, karena Jet Li lah yang banyak orang cari di Google Indonesia, namun ane tidak sedang membahas itu. Ane akan membahas tentang sate telur puyuh. Ane masih inget sampai sekarang …

Efisiensi Serta Manejemen Lauk dan Sayur Ketika Di Warung Makan

Berikut ini ane akan berbagi bagai mana efisiensi serta manajemen memeilih lauk dan sayur di Warung makan. Trik ini jika diterapkan maka kita akan tetap makan enak dan tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk berhemat. Tanya Harga Ini yang harus pertama kita tanyakan, dan tips untuk kenyakan harga adalah seperti ini. Nasi sayur berapa ? terus …

Godaan Rupa

Semua ini diawali saat melihat kicauan seorang kawan di twitter yang persis seperti apa yang saya pikir selama ini hampir setahun lalu. Gini kicauan kawan saya itu: Tempat makan sekarang dekorasinya macem2, rasanya masakannya gak karuan. Dikira sini pemakan pajangan apa — Fakhri Zakaria (@masjaki) May 2, 2015 Mungkin kawan saya dan saya termasuk orang …

Sambel, hidangan tambahan atau menu utama?

Bagi warga Indonesia, sambel bukan hal baru dalam hal perkulineran. Rasanya pedas karena didominasi oleh lombok. Jenis atau namanya pun bermacam-macam. Sebut saja, sambel terasi, sambel matah, sambel bawang, sambel tempe, dan lain sebagainya. Itu baru nama berdasarkan dengan tambahan makanan di dalam sambel, belum cara pengolahanya. Ada sambel yang diolah dengan cara mentah saja …

Jaman Kegelapan – Bagian Kedua

Selama tujuh tahun mengalami jaman kegelapan, banyak cerita yang masih bisa saya ingat hingga saat ini. Kali ini saya akan bercerita tentang kegiatan kami di malam hari. Gelap gulita namun tidak gundah gulana. Di kampung, kami biasa menggelar tikar di pekarangan rumah atau di tepi jalan pada malam hari selepas sholat Isya. Di tikar tersebut kami berkumpul dan berbincang apa …

Milih Tahu apa Tempe?

Dalam dunia perkulineran di Indonesia, tahu dan tempe tentu bukan bahan makanan yang asing. Dari ujung barat sana, di Pulau Weh, sampai ujung timur, pasti ada bahan makanan ini. Bahkan, katanya, di Jepang juga ada bahan makanan ini. Elok tenan to? Saya pribadi bersyukur sekali bisa menikmati makanan yang murah dengan kandungan gizi yang baik …