Mumpung Durung dan Untung

Dalam hidup, beberapa kejadian akan membuat kita kecewa bahkan sampai menyesal. Meskipun demikian, tidak sedikit pasti dari kita yang merencanakan beberapa keperluan dengan matang supaya hasilnya tidak mengecewakan. Kalaupun mengecewakan, setidaknya tidak ambyarambyar banget lah. Mulai dari hal-hal kecil seperti besok mau makan apa sampai hal-hal besar babagan ndue gawe rabi misalnya, beberapa dari kita pasti merencakanya. Atau mungkin hanya saya sendiri? 😐

Ngomongin tentang perencanaan, saya nek di rumah dan membagi rencana saya sama simbok pasti beliau suka wanti-wanti. Suka ngandani ini itu, iki kui, dan kae ne. Nanti di akhir pembicaraan kalau sekirane rencanane terlalu beresiko akan di akhiri dengan kalimat: β€œMumpung durung, mending rasah”. Beliau pesimis, ndak yakin. Sedangkan saya sangat yakin akan berhasil dan semuanya berjalan lancar. Contohnya, waktu mau bikin acara nyewune bapak. Saya kekeuh minta di bikin acarane pas malem Minggu saja biar semua keluarga bisa datang dan orang-orang bisa leklek an karena besoknya hari Minggu. Setelah melalui pembicaraan yang lama dan sebagainya-dan sebagainya akhirnya dilaksanakan di malem Minggu biar semua pada bisa datang dan acara berjalan lancar.

Terkadang, hidup juga memberikan hal-hal yang mengecewakan meskipun sudah di rencanakan dengan sangat rinci dan matang. Mesti wae ana mlesete. Ning, sebagai orang jowo, mesti wae ada yang bisa di syukuri. Contohnya, saya ambilkan dari pengalaman teman saya sendiri. Teman saya dulu bekerja di kerajinan kayu dan sering menggunakan lem Alteco sebagai bahan perekat. Suatu hari mata kirinya kena cipratan lem tersebut. Walhasil, matanya pedih dan harus di bawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Hasilnya? Aman. Matanya sembuh normal dan masih berguna sampai sekarang. Komentar teman-temanya? Untung sek keno lem muk mripat siji, nek loro kabeh?

See? Selalu ada yang disyukuri dari setiap kesialan yang di hadapi. Njenengan sudah mensyukuri apa hari ini? πŸ™‚

Author: Alfonsa Juliana

Originally posted 2016-01-24 16:27:48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares