Monggo ngebis dhateng mBantul

Saya masih ingat pertama kali naik angkutan umum, sekitaran tahun 90an awal, waktu itu saya kelas 2 SD. Sepulang sekolah dijemput mama lalu diantar ke stopan bis, tepatnya di depan Rumah Makan Padang Giwangan. Kalau sekarang sih tempatnya pas di depan Sambel Layah Giwangan itu.

“Nanti naik kol Mahardhika sik itu ya, jalur 11 jurusan Pleret” Kata Mama

Saya pun diam memperhatikan, lalu ada kol Mahardhika jalur 11 lewat. Seperti biasa melambaikan tangan tanda mau naik.

“Pak titip putra kula nggih, mangkih medhun teng Ponegaran” Kata Mama ke Kernetnya

Singkat cerita, selamat sampai di rumah. Saya agak kagum kepada orangtua saya. Bisa menegakan hati, anak kelas 2 SD disuruh ngekol sendiri dengan jarak yang lumayan, di tahun 90an.

Di Bantul, ada beberapa jurusan bis yang siap mengantar orang mBantul ke Negoro, ataupun sebaliknya mengantar dari Negoro ke daerah-daerah di Bantul.

JURUSAN JOGJA – SRANDAKAN

Kalau dulu ada dua jenis bis, bis sedang dua pintu dan minibis. Untuk bis sedang contohnya adalah Koperasi Abadi yang legendaris itu.

Meskipun jurusan Srandakan, tetapi Bis Srandakan ini sebenarnya rute trayeknya sampai di Pantai Pandansimo yang sekarang sudah tutup. Untuk nama jalurnya tidak menggunakan angka seperti bis kota, melainkan memakai huruf, yaitu B. Jadi kalau melihat bis Jurusan Bantul kemudian di kaca depan ada huruf B, berarti itu jurusan Srandakan/Pandansimo.

JURUSAN JOGJA-SOROBAYAN

Nama Sorobayan memang belum begitu familiar, sebetulnya Sorobayan adalah nama sebuah Dusun di Kelurahan Gading Sari, Kecamatan Sanden, ya bisa juga disebut bis jurusan Sanden. Kenapa yang ditulis Sorobayan bukan Sanden? Karena pemberhentian terakhir ada di Sorobayan, meskipun kadang ada bis yang sampai di Kalimundu.

Biar tidak penasaran saya jelaskan tentang Sanden. Sanden adalah salah satu kecamatan di Bantul, letaknya di selatan, berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia.Beberapa pantai yang terletak di wilayah Kecamatan Sanden: Pantai Samas,Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara.

Bis-bis Sorobayan ini berangkat cukup pagi, Jam 04.30 sudah siap berangkat. Karena jam segitu, simbah-simbah bakul pasar sudah mulai berangkat ke Negoro untuk berjualan, ada yang di Pasar Ngasem (dulu), Beringharjo, atau di Pasar Gading.

Kalau pengin njajal naik bis jurusan Sorobayan ini, carilah bis yang ada huruf A di kaca depannya. Rutenya hampir sama dengan bis B jurusan Srandakan, yaitu Palbapang belok kanan ke arah Brosot, bedanya bis jurusan belok kiri di pertigaan Sapuangin.

JURUSAN JOGJA-SAMAS

Ya betul, ini Samas yang pantai itu. Nek, mau ke Samas ya naik bis ini. Bis jurusan N. Untuk Bis B, A dan N biasanya ngetem di kidul Jokteng Kulon, tapi ya saya terakhir naik bis jaman SMA. Jadi mungkin sudah nggak valid lagi

Udah penjelasane segitu aja.

JURUSAN JOGJA-PARANGTRITIS

 

 

Pada jaman dahulu kala, bis jurusan Jogja-Prangtritis yang terkenal adalah Bis Jatayu. Tapi sekarang keberadaannya sudah tidak ada. Mungkin kalah menarik dengan minibus dan koperasi abadi. Atau mungkin sudah takdirnya begitu.

Bis-bis jurusan Jogja-Parangtritis biasa ngetem di selatan jokteng wetan. Nomer jalurnya tidak ada, cari saja Bis yang tulisannya Jogja-Parangtritis. Seharusnya berkodekan dengan huruf  T.

JURUSAN JOGJA-IMOGIRI.

Ada berapa Jalan Imogiri? Yak betul ada dua, Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur. Kalau orang real estate suka menyingkat Jalan Imogiri Barat menjadi Jalimbar, biar keren. Buktinya banyak perumahan di kawasan Jalan Imogiri Barat hampir semua namanya pakai Jalimbar.

Ada 3 Trayek yang melayani jurusan Jogja-Imogiri:

  • Koperasi Abadi Jalur 5

Rutenya adalah melewati Jalimbar ke selatan, nanti di perempatan Jetis yang ada Mangut Lele Bu Is Belok kiri, lalu di Pertigaan Karangsemut belok kanan, sampai Imogiri

  • Kol Mahardhika Jalur 10

Orang Jawa itu nyebut Colt itu jadi Kol, jadi Kol Mahardhika itu mirip Kobutri kecil yang kuning itu. Jalur 10 melewati Jalan Imogiri Timur terus ke selatan sampai pol Imogiri. Sebelum ada Terminal Giwangan, Kol Mahardhika baik yang jalur 10 atau jalur 11 berhenti di Terminal Tungkak yang sekarang sudah punah.

  • Kol Mahardhika Jalur 11

Sama seperti Mahardhika Jalur 10 melewati Jalan Imogiri Timur, bedanya yang jalur 11 belok kiri di Perempatan Grojogan, kemudian melewati Pleret, Pucung, tembusnya di jalan kalau mau ke SMA Imogiri, belok kiri pol sampai Imogiri.

Sebetulnya, untuk angkutan jenis Kol sudah lama tidak ada. Digantikan oleh minibis. Seharusnya jurusan Jogja-Imogiri ini bisa ditemui dengan kode U. Tapi tidak tahu kenapa, para pemilik angkutan lebih memilih Jalur 5, 10 dan 11 sebagai kode jurusan Jogja-Imogiri.

JURUSAN JOGJA-DLINGO

Dlingo itu salah satu Kecamatan di Bantul, letaknya paling timur berbatasan langsung dengan GunungKidul. Malah letak Dlingo ini juga di kawasan Pegunungan Seribu. Kurang tahu juga bis jurusan Dlingo ini masih ada yang beroperasi atau sudah punah. Seingat saya, rutenya adalah lewat Jalan Wonosari, nanti di Patuk belok kanan arah Dlingo.

Nah Jurusan Jogja-Dlingo ini dulunya diberi kode L.

Dari trayek bis Jurusan Jogja ke daerah-daerah di Bantul yang saya sebutkan di atas, hampir semua mengalami masalah yang sama, kekurangan penumpang. Penumpangnya sendiri memilih naik kendaraan pribadi, motor. Kayaknya semua angkutan umum masalahnya kayak gitu ya, sepi penumpang. Cara-cara agar penumpangnya ramai lag,i sudah banyak dikatakan pakar-pakar di media. Kalau di DIY sendiri, saya merasa Provinsi ini bukan dirancang untuk ramah angkutan umum. Dan mungkin sudah kebiasaan dari dulu lebih suka memakai kendaraan pribadi, kalau dulu sih pakai sepeda, kalau sekarang sepedanya sudah diganti motor.

Kalau anda urutkan, seharusnya kode Bis Jurusan Srandakan hingga  Dlingo membentuk kata BANTUL

Tapi sayang ada yang ngeyel.

 

Author: Veta Mandra

Karyawan Kerja Waktu Tertentu bagian HRD, tinggal di Bantul bagian timur. Istrinya satu anaknya tiga. Tiga sudah cukup, karena yang ditanggung asuransi perusahaan cuma segitu.

Originally posted 2014-11-04 16:01:37.

Comments 54

  • Saya dulu kalau mau tempat Bude, biasanya pake ABADI yang Yogyakarta – Wates tapi lewat Srandakan. Sementara kalau tempat Simbah, pakai Sumber Rejeki (nomer 99) Yogyakarta – Brosot lewat Kentheng 🙂

  • Wah, jadi ingat dulu, bapak saya pernah usaha bis A dan B, Secara perhitungan, makin kesini makin ndak masuk, jadi ndak heran kalau banyak yang gulung tikar atau memilih ganti usaha lain.
    Bayangkan saja, dalam sehari setoran bus kurang lebih 150rb, dalam sebulan jalan kurang lebih 25 hari. sing 5 hari dipake nggo leren dan servis servis. Berarti per bus mendapatkan 3,7 Juta. Buat maintenis dan dan jaga-jaga katakan 700rb. Berarti pendapatan sebulan 3jt.

    Nha, harga bis second layak jalan bisa mencapai 400 – 500 juta. Berarti secara kasarannya, baru balik modal setelah sekitar 12 tahun, tanpa kita menyisihkan sedikitpun buat nyep-nyep. Hayo rhemhook :mrgreen:

  • Aku mbiyen gek SD kerep numpak Aspada Jalur 9, Marsudirini (shopping/taman pintar) tekan Wirobrajan Kulon. Mbayare satus gelo.

    Nek jaman kampus, numpak Kobutri Jalur 16 (apa 17 ya?) seko Wirobrajan tekan Mrican. Mbayare wes sewu rongewu.

  • aku retine kobutri kuning, sering liwat ngarep uin.
    kare kol jogja-kaliurang. tapi ra tau numpaki

  • Jaman gaji masih pas-pasan dulu, kalau mau ke Parangtritis dari Jogja mending naik bis dua kali.

    Pertama, naik dari Jokteng Wetan lalu turun daerah Pasar Gabusan atau Manding, kemudian dilanjut dengan nyegat bus sekali lagi dari Pasar Gabusan/Manding menuju Parangtritis.

    Dengan cara ini, kernet gak akan narik ongkos retribusi masuk Parangtritis karena dianggap sebagai warga mBantul.

    Mayan, ngirit 2000an rupiah pas tanggal tua. Melas tenan ya ceritaku 🙁

  • Karang warga Bantul sing landha ki mayoritaaas.. Hihihihi..

  • baru beberapa kali naik Mahardika dari terminal Uambulharjo turun depan rumah, nek jaman dulu ke Paris naik Bis Jatayu

  • Oia … sopo sing ngeyel karo kowe mz? :((

  • ndisik ono bis WOLU. durung tau numpak 🙁

  • Aku ngertine bis sydney-parramatta, sydney-bondi, bondi-manly utawa horsnby ke newcastle.

    Maklum aku cah internasional!!!

  • Aku meh komen rodo seriyus 🙂

    Tulisan ini mengingadkanku pada almarhum bapak.. bapak sopir bus Jogja – mBantul.. Mulai dari Jogja – Brosot/Srabdakan sampai Jogja – Dlingo pernah dilakoninya..
    aku dari umur 2 tahun malahan wus slitah slitih numpak bis ro bapak.. Kadang malah sok dititpke nang sopir bis liane ben di duk ne nang ngarep pasar Mangiran nek bapak ijik arep kerjo, trus aku dipetuk simbok seko pasar.. 🙂
    Pokoke umur rong taun wus melu ngetem nang Ngentakrejo..

    Bus Jogja – nDlingo ki setauku ijik.. Malah kadang tekan Panggang barang.. Bis e elik2 ning rosa2..
    Memang orang mBantul sekarang sudah jarang yang pakai bis umum sebagai angkudtan menuju atau daritempat kerja, mereka lebih memilih pakai sepeda montor.. Akupun begitu meski sebetulnya lebih aman enak nek numpak bis.. Pokoke pejah gesang nderek Pak Sopir.. Ning yo kadang uakeh sopir sik ugal2an.. Mlaku yak2an waton nrabas bangjo mergo nguyak penumpang ro jam ngetem..

  • aku retine mung kol kampus mas 🙁

  • Jaman sekolah mbiyen numpake mung bis jurusan jogja-tempel. Saben isuk ngadang bis sing metu seka nggarasi nang ngarep omah njut mudune nang Medari. Karang ya sekolahe nang ndesa 😀

  • saya dulu pernah naik jatayu ke parangtritis, naik koperasi abadi juga pernah saat menjenguk teman ke rsud bantul. seingatku 2x itu saja pernah naik angkot di bantul.

  • Duh, jadi inget jaman-jaman sekolah dulu kalo ngebis sampe nggandul, udah gitu pernah dikira jadi copet juga, kenalan sama kenek dan supir, ah jadi kangen jaman sekolah :’)

  • Jaman SMA aku yo numpak bus jurusan pleret sing koyo kol kae :mrgreen:

  • munggah bis abadi B seko glondong bajang , medun jokteng wetan

  • […] letaknya tidak jauh dari Bioskop Istana. Setiap kali berjalan kaki menuju pertigaan Giwangan untuk ngadang kol, pasti melewati Bioskop Istana. Nah, suatu ketika waktu pulang sekolah, saat baru sampai di […]

  • […] mulai dari kelas 2 pulang sekolah tidak dijemput. Naik Kol, seperti yang sudah pernah diceritakan disini. Ada teman yang senasib, yang pulangnya naik Kol meskipun beda jurusan. Jadi berdua […]

  • Beberapa kali numpak bis kode A & B, suasanane iku asyik banged apameneh yen pas sore wayahe wong bali glidig. Sanajan empet2an na njero, sesak kebak tapi rada terhibur ngrungokne jagongane sing numpak. Mungkin merga wis bendinane barengan, bapak2 utawa ibu2 utawa mbah2 sing numpak bus A /B iku ya ngobrol ngalor ngidul akrab, nakonke kabare yu sarmi, utawa pakdhe atmo misale, utawa mbahas rega bumbon, rega bbm lanliyane. Jogja banged. Durung yen ngudunke penumpang, kernet e iku pangerten banged karo penumpange, sopan. Misale bakul nggowo gawan akeh ya dibantu ngudunke karo kernete, dipernahne ngdunkenen dadine gawane ora rusak. Iku pengalamanku 10 taon kepungkur pas ngapeli mantan pacarku na pandak heheheh saiki dadi bojoku 😀

  • dr camar merah turun di wates Rp.150,-(pelajar)thn 95
    naik bis kop. abadi

  • […] SD pula, kelas 2. Pertama kali diajarkan naik angkutan umum dari Sekolah sampai rumah. Sekali diberitahu cara nyetop bis, cara bilang ke kenek kalau mau turun, […]

  • Ket jaman SD nganti kuliah langganan bis N jogja samas. Nganti kenek e apal. Bis N iku nek pas kepasan yo cepet nunggune, tapi nek ora kepasan yo suwine ra ilok ilok.. Mungkin mergo saya sithik armadane.. Durung suwe bali Bantul numpak bis N, kenek e kandha : Welah nok saiki wis iso nyambut gawe, mbiyen ket cilik melu aku ngebis..
    Dadi kelingan jaman semono..

  • Bade tanglet nek seko terminal giwangan arep medon jodog numpak bis opo A opo B…. opo dadak ngebis neng dongkelan sek lagi golek jurusan A / B.. soal’e rong tau ngebis ameh pulang kampung seko bali go bis lagi pisan.. matur suwon

  • man cilik motor ning omah ming 1 nek meh ning mbantul seko mangiran yo numpak angkutan umum. nek ninggone simbah numpak arah pajangan 77. tapi aku emoh mbiyen nek numpak bis, trimo ngenteni kol arepo rodo suwe. gara-garane dicritani jaman mbiyen ibuk pernah tibo seko bis mergo mbuh kernet po sopire ugal-ugalan, ndilalah aku pas isih ning weteng. padahal yo ibuk ra trauma, malah anake.

    eh saiki seneng numpak bis, tapi luar kota sih, nek ning jogja trimo motoran. :mrgreen:

  • permisi mau nanya, kalo mau ke gereja Ganjuran naik bis yg mana ya??? jurusan Parangtritis atau Samas??? terima kasih…

  • Maaf mas mau tanya, kalo mau naik bis A jurusan sanden itu bs naik dari terminal giwangan? Atau nyegat drmn? Suwun nggih… 🙂

  • @mbak ajeng: dari terminal bisa mbak

  • Jogja-trisik masih ad hk mz..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares