Laron Pertanda Musim Hujan Telah Tiba

laron hujan, garengpung, kunang kunang, anai anai

Laron adalah sejenis serangga yang juga bisa dibilang termasuk komplotan rayap, bagi masyarakat umum diseluruh dunia khususnya di jogja biasanya digunakan sebagai patokan telah datangnya  musim hujan. Kenapa laron keluar dari tanah karena mungkin didalam tanah dia merasa agak lembab atau basah ehingga memutuskan untuk keluar. Ada yang bilang keluarnya sekalian mencari pasangan. Walau benernya didalam tananh juga bisa mencari pasangan namun karena di dalam tanah sumpek jadi mereka memilih untuk keluar dan mencari pasangan diluar.

Setelah ketemu pasangannya dia biasanya akan bercinta dan berbulan madu dan akhirnya membentuk koloni baru. Mereka mencari pasangan tana memilih status sosial dll. Yang penting beda kelamin dan pengetian mereka pasti akan menjadikannya pacar dan saat itu juga langsung berumahtangga. Keberadaan laron do jogja sendiri sudah tercium satu minggu yang lalu. itu pertanda memang November ini November Rain.

Keberadaan laron sendiri menjadi berkah untuk semua lapisan mahkluk dari manusia yang bisa memanfaatkan sebagai peyek, ayam yang bisa dapat asupan protein dan semut semut dan cicak yang mendapat makanan enak. Laron sendiri kalau orang jogja biasanya membedannya ada dua ada laron dedak dan ada laron biasa. Laron dedak ini jenis laron yang kecil kecil dan agak berwarna putih. Jenis laron ini kalau kena kulit gatal dan biasanya tidak dijadikan peyek. Setahu ane laron dedak dan laron biasanya tidak muncul bersama. Kalau hari ini yang keluar dedak pasti gak ada laron biasa yang muncul.

Laron selain sebagai pertanda datangnya musim hujan adalah sebagai pertanda masih ada tidaknya lahan tanah terbuka disekitar kamu. Di era semua lahan tanah yang sudah tertutup konblok, batako bahkan aspal kemunculan mereka akan semakin jarang atau tidak banyak kemunculannya. karena laron laron itu susah keluar dari tanah. Jadi sebenarnya bersyukurlah jika kalian masih melihat laron. Ada kalanya disuatu massa kita sudah tidak melihat laron berarti memang seluruh tempat tinggal kita tidak ada tanah kosong sedikit pun.

Laron mungkin satu satunya harapan pertanda yang ada. Garengpung di musim kemarau sebagai pertanda mmusim kemarau dan masih adanya pepohonan pun sekarang sudah hampir jarang kita dengar suaranya di musim kemarau. Karena memang dia sudah tidak ada tempat lagi buat mencok. Paling banter mencok di tiang anim atau bts. Padahal suara Garengpung yang kita dengar hari ini adalah garengpung yang lahir 17 tahun yang lalu. Jika tahun kemarau dimana kita tinggal tidak mendengar suara garempung bisa dipastikan jika tidak ada lagi lahan terbuka dan penanaman pohon maka selama 17 tahun kedepan kita tidak akan pernah bisa mendengar suara garempung setiap tahunnya di musim kemarau.

Juga kunang kunang, beruntunglah kalian yang masih bisa melihat kunang kunang dan bersyukurlah atas lingkungan kalian. Karena kunang kunang hanya muncul ditempat yang tidak banyak polusi cahaya dan memiliki air tanah yang bersih. Jika kunang kunang sudah tidak pernah kita lihat, musim kemarau garempung pun sudah jarang kita dengar dan laron di musim penghujan pun sudah jarang muncul. Sudah bisa dipastikan kita sedang hidup didaerah yang sudah terlalu terang dengan air tanah yang sudah tidak baik lagi, pepohonan yang sudah jarang serta lahan tanah terbuka mulai tidak ada lagi. Itu pertanda kita sudah menjadi alien :mrgreen: yang mungkin hanya bisa melihat keberadaan mereka lewat gambar, mp3 dan youtube. Maka dari itu kurangi polusi cahaya dan air tanah, selamatkan pepohonan dan lahan tanah terbuka. Selamatkan kunang kunang, garengpung dan laron dari kepunahan.

Author: iQbal Khan

Full Time Blogger | Grey Hat SEO | Web Developer & Optimization

Originally posted 2014-11-17 19:32:47.

Comments 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares