Hip Hop Yogyakarta

Ketimbang ikut-ikut gumun pada seorang rapper ibu kota bersubscriber banyak di YouTube, yang dikenal sering mengucapkan kata-kata kasar –walaupun dalam single terakhir yang dikeluarkan dia bilang kalo itu masih dalam batas wajar–, mungkin ada baiknya kawan-kawan dari Yogyakarta dan sekitarnya nguri-uri kabudhayan hip hop karya pemuda-pemuda perkasa asal kota kita ini.

Kalau bingung memulai dari mana, mungkin beberapa karya berikut (dari sekian banyak karya-karya pemuda-pemudi lainnya) ini bisa jadi awal yang baik untuk mencintai produk-produk kita sendiri.

LOS PAKUALAMOS – Get My Way

 

NOK37 – Familia

 

 

BEGUNDALCLAN – Berbahaya

 

D.P.M.B. – Ndasmu!!

 

JAHANAM – Tumini Nggatheli

 

NDX A.K.A. – Bojoku Ketikung

 

G-TRIBE – Watchout Dab

 

Gimana? Wangun to? Makanya, jangan perlakukan internet seperti TV, sehingga jadi gampang disilaukan dengan apa yang banyak disukai/difollow/difavorit/diviews/disubscribe banyak orang. Lha wong dulu itu dari sekian banyak manusia sak Athena yang tercerahkan juga cuma Socrates, kok.

Semoga kita termasuk orang-orang yang sadar, waspada, dan tidak gampang silau dengan angka-angka belaka. 🙂

 

UPDATE 9 November 2016:

Karena banyak yang tanya kok nggak ada G-Tribe, maka group hip hop Yogyakarta yang cen wangun itu juga saya masukkan di sini.

Sebenarnya bukan bermaksud ngilang-ngilangke mereka sih, tapi karena mereka terhitung pionir hip hop di Yogyakarta, punya single di album Pesta Rap 1 tahun 1993, dan tak lama kemudian punya album sendiri, saya mikir: “Mosok to sampe ada orang di luar Yogyakarta yang belum kenal G-Tribe?”

Eh, jebul memang masih  banyak yang belum tahu to… Jadi, monggo, inilah G-Tribe, pionir hip hop dari Yogyakarta!

Author: temukonco

traveling | movie | photography | food-lover | good-listener | secret-keeper | storyteller | @temukonco

Comments 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

62 − = 52

Shares