Sate Telur Puyuh, Jet Li dan Pedang Pembunuh Naga

Ini adalah sebuah cerita yang saling bersinergi, saling terkait dalam ingatan ane sampai saat ini. Kenapa ane menulisnya Jet Li walau yang benar adalah Jet Lee, karena Jet Li lah yang banyak orang cari di Google Indonesia, namun ane tidak sedang membahas itu. Ane akan membahas tentang sate telur puyuh.

Ane masih inget sampai sekarang FILM The Kung Fu Cult Master Full Movie yang dimainkan oleh Jet Li. Film yang menceritakan tentang perebutan sebuah pedang hingga memecahbelah dunia persilatan di tanah Mandarin. sebuah film yang berdasarkan legenda China yang sudah dibuat banyak versi, Hingga dulu dibuat sinetron atau drama Heaven Sword Dragon Saber atau lebih dikenal di Indonesia dengan To Liong To atau Pedang Pembunuh Naga. yang lupa lagunya kayak apa, sedikit ane ingatkan. Dulu di Indonsiar

Walau cerita itu bukan menyinetronkan dari film The Kung Fu Cult Master, namun memiliki cerita yang sama. Kembali lagi ke Film Jet Li itu. Diceritakan di Film itu Chang Tui Shan adalah ayah Chan Wu Ji dan Yan So So adalah ibunya yang tak bukan adalah anak Elang Putih teman dekat The Shun atau Singa Emas.

Tse shun to liong to2

Saat awal cerita pasti kita teringat ketika ayah dan ibu Jet Li yang baru balik dari pengembaraannya menyembunyikan Singa Emas balik lagi ketota untuk memperingati 100 tahun guru mereka Chan Sang Fung. Di tengah jalan Wu Ji alis Jet Li ini meminta untuk dibelikan manisan permen. Dan ternyata manisan permen bulet bulet disate itu bernama Tanghulu. Nah Tanghulu itulah yang sampai detik ini masih teringat dikepala ane. Dulu ane masih inget nonton Film ini di Bioskop Widya, dan Widya memang Bioskop yang terkenal memutar Film mandarin. Hampir semua Film mandarin Jet Li dan Jecky Chan yang ane nonton semua ane lihat disini, sekarang sih sudah jadi warung makan sambal sambal apa gitu.

tanghulu candy jet li

Kembali ke Tanghulu sate manisan khas China itu, dan ane juga baru tahu selang beberapa tahun lama setelah main internet bahwa ternyata Tanghulu itu manisan buah, dari dulu ane kira itu manisan telur. bentuk nya yang sampai sekarang tidak pernah ane lupa serta kisah tragis dimana Chan Wu Ji menyimpan 2 sisa manisan itu hingga 8 tahun setelah kematian Chang Tui Shan dan  Yan So So orang tua nya karena bunuh diri demi menjaga keberadaan Singa Emas yang membawa Golok Naga.

Tanghulu Jet Lee

Dan pesan Ibunya Wu Ji sebelum bunuh diripun masih ane ingat sampai saat ini, dan semacam wisdom yang awesome, Ceritanya kala itu bapaknya Jet Li kecil ini bunuh diri dengan memah nadinya sendiri, darah bapaknya muncrat menyemprot para pendekar Shaolin. Setelah bapaknya meninggal selang selanjutnya ibunya Wu Ji mendekati salah satu guru shaalin itu dan seolah berbisik yang sebenarnya adalah pura pura berbicara seolah membisikkan, setelah itu dia bilang bahwa keberadan Singa Emas telah diberitahukan kepada salah satu guru itu dan guru itu dikerubuti beberapa guru Shoalin dari perguruan lainnya dan mereka malah berkelahi sendiri karena merasa guru itu tidak mau mencertakan apa yang ibu Wu Ji ceritaan. kemudian dia menghampiri Wu Ji, memeluk dan berkata ” Ibu Berbohong pada mereka, Lihatlah kekuatan berbohong, Dan selalu ingat Wu Ji anakku, jangan penah percaya dengan wanita. Semakin cantik dirinya, semakin mudah untuk berbohong ” setelah selesai berbicara seperti itu, ibu wuji bunuh diri dengan menusukkan belati ditubuhnya.

Tanghulu pasti yang selalu ane ingat ketika melihat sate telur puyuh, terakhir adalah malam tadi tepat 5 jam sebelum ane menulis tulisan ini, dan hal itulah yang langsung membuat ane mempunyai ide menuliskan itu disini.

Bisa dibilang ane sangat afal dengan Film itu, dimana Biksu Koki yang akhirnya menurunkan Jurus Matahari ke Wu Ji, setelah dia ditendang oleh Ching Su ponakannya sendiri ke jurang.Wu Ji menipu Biksu Koki yang membensi Gang Wu Tong sangat ingin membalaskan dendam dengan menurunkan ilmu nya ke murid nya karena dia adalah satu satunya orang yang mengusai Jurus Matahari yang juga merupakan satu satunya Jurus yang tenaga dalamnya bisa menyembuhkan efek dari serangan Tapak Jinx.

Seperti yang kita ketahui bahwa Chang Mo-Gei atau dibaca Zhang Wuji adalah salah satu cerita legenda di China, mampu mengusai semua jurus setelah bisa mengusai jurus Matahari, Dia mampu mengclone Jurus Sekte Ming. Dibesarkan di Wu Tong dimana disanalah generasi pertama Tai Chi dan para jawara silat thiongkok berada.

Intinya Tanghulu itu bukan sate telur puyuh namun bentuknya selalu mengingatkan ane akan hal itu dari film Jet Lee, Dan ingat bahka sate telur puyuh isi 5 telur sekarang 2.500 , kamu ambil 4 saja udah 10 ribu sedang kamu makan nasi kucing 2 gorengan 2 dan teh panas udah 6 ribu. Jadi jangan lupa bayar 16.000 yang kalau buat makan di jokcik udah dapet 2 dada ayam + 1 dan es teh atau 3 bungkus nasi telur di burjo.

 

Author: iQbal Khan

Full Time Blogger | Grey Hat SEO | Web Developer & Optimization

Comments 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 7

Shares