Nasi Rames, Nasi Sayur, Nasi Uduk dan Sego Gurih Adalah Standarisasi Ganda

Banyak banyak salah pengertian dan membingungkan bagi ane mungkin juga sebagian kalian. jadi gini paradikam tentang semua arti kata dijudul itu masih mbingungi kadang. Ini ane akan mengartikan sesuai yang ane tahu selama seperempat abad hidup didunia ini terutama di jogja dan sesaat di solo.

Sego Gurih

Sego gurih adalah nasi gurih. nasi yang dtanak dengan santan dll. Atau kalau bahasa betawi atau jakarta adalah nasi uduk. Sego Gurih ini jika dikukus degan ditambahi isi akan berubah nama manjadi arem-arem. Namun penggunaan kata sego gurih ini sudah jarang terdengar kecuali saat sekaten. Didaerah jogja pinggiran pun sudah hampir jarang terdengar kecuali pas hajatan atau bikin arem arem itu. Kalau beli makan pagi pun kadang masih ada yang bingung dan bahkan bilang ” oo nasi uduk to mas? ” . Kalau ane sendiri masih mengistilahkan nasi uduk ini dengan nasi gurih. Karena agak susah dan janggal bilang uduk.

Bahkan saat sekaten pun menjadi ambigu karena sego gurih pasti satu paket dengan lauk dan sayur sama seperti nasi liwet. Nah koe bingung ra?

 

Nasi uduk

Di Jogja kalau kamu bilang nasi uduk ya kebanyakan cuma dikasih nasi gurih aja. Karena nasi uduk adalah bentuk lain dari nasi. karena ada beberapa warung penyetan yang ngasih 2 opsi untuk nasi. Nasi biasa atau nasi uduk. Mbingungi pokoknya. Sedang kalau versi ane sendiri nasi uduk itu adalah adalah nama menu makanan bukan hanya satu item nasi. Ane kalau dijakarta beli nasi uduk pasti isinya adalah Sego Gurih + abon + suiran telur + kacang + sambel + kadang oseng teri + kadang oseng tempe garing . Malah kadang nasi uduk itu juga pake jipang dan pepaya muda. Pokok e mbingungii juga babagan ini.

Pokoknya prinsip ane nai uduk adalah nasih rames vers jakarta dengan toping versi mereka bukan sinonim dari nasi rames.

Nasi Rames

Nasi rames adalah nasi seperti diatas, gabungan antara sego gurih + ayam atau suiran ayam + telur + sayur jipang, Nasi Rames adalah nasi liwet solo versi nasinya menggunakan nasi liwet biasa bukan sego gurih. Menu toping dll nya hampir sama dengan nasi liwet hanya nasi liwet + ampas santen.

 

Diatas itu juga banyak yang bilang nasi rames. Walau ane menganggap itu adalah nasi uduk kalau nasinya adalah sego gurih. Bingungkan ? . Namun ada juga orang yang mengartikan nasi rames adalah nasi + sayur ( apa aja sayurnya ) + lauk itu namanya adalah nasi rames. Ane juga kadang kalau pesen nasi ramesan biasanya juga begiitu teman teman saya mengartikan jadi ketika ane bukak tidak pasti sayurnya adalah sayur jipang / kates. ini juga mbingungi pokoknya.

 

Nasi Sayur

Nasi sayur sudah pasti itu adalah nasi dan sayur apa aja, walau kalau pake sayur jipang pedes dan nasinya adalah nasi gurih itu bisa berinama nasi rames kalau ane, pokok e mbingungi juga ketika nasi sayur itu fariabelnya adalah nasi gurih dan sayur,

Sampai kapan kita mbulet sepeti ini. tapi ini harus benar benar diluruskan dan ditemukan titik temu dan standarisasi. Nasi itu aalah air. Jadi sego gurih itu adalah air hujan. jadi tidak dapat dipisah menjadi air dan hujan. Sandarisasi ganda untuk nama satu item dan nama kumpulan beberapa item akan bisa mengancam kebedaan bangsa ini. Karena nama nama diatas sangat kontras dan berbeda dengan nasi gudeg, nasi pecel, nasi goreng yang jelas bentuk dan istilahnya seperti itu. Semoga bapakAnies Rasyid Baswedan, Ph.D memikirkan hal ini demi masa depan banggsa ini. sugguh ini menyiksa saya ketika harus beradu argumen dengan bakul dan salah menyuguhkan hidangan seperti yang ada dikepala ane. Ini sangat merusak mut dn mempengaruhi kinerja dan tentunya akan mengancam stabilitas negeri ini.

 

Tulisan Menarik Lainnya :

 

Author: iQbal Khan

Full Time Blogger | Grey Hat SEO | Web Developer & Optimization

Comments 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares