Tutorial Rahasia Cara Membuat Mie Instan Ala Aak Burjo

Kali ini ane akan membahas mengenai cara membuat mie goreng atau godog ala aak burjo, cara membuat mie instan burjo  ini benar benar masih rahasia dan sengaja hanya disini ane bocorkan. Ini adalah hasil riset ane setelah mengamati warung burjo selama hampir 15 tahun. Pada tulisan terdahulu ane membahas mengenai Burjo Tertua di Jogja yang cukup keren juga.

indomie goreng burjo

Yang menjadi pertanyaan orang awan atau seorang burjois adalah kenapa telur di warung burjo itu bisa padet membentuk seperti UFO tidak mencah mencah antara kuningan dan putihan seperti yang kita buat. bahkan mie nya ada yang tidak sampai terlihat bercak telur padahal dimasak bebarengan, nah seperti inilah rahasianya.

Aak burjo tidak pernah memasak menggunakan panci seperti kita pada umumnya kalau memasak Mie Instan itu kenapa? karena menggunakan panci sangat boros dan titik panas tidak terpusat ditengah. Oleh karena itu mereka menggunakan wajan untuk memasak Mie Instan. Sehingga menghasilkan panas yang terpusat ditengah dan posisi telur akan merada dibawah tepat dicekungan wajan sehingga karakteristik telur yang dihasilkan akan menjadi padat ketika direbus. dan pastikan air benar benar panas mongah mongah atau panas berasap asap baru telur kita masukkan didalan wajan yang berisi air. hal sederhana ini mungkin jarang kita ketahui.

panci
Alamat salah yang sering kita gunakan
wajan
Alat paling benar untuk memasak mie instan

Aak – aak burjo berani keluar dari pakem bahkan dibelakang bungkus mie tentang cara membuat nya pun kebanyakan mencontohkan dengan menggunakan panci bukan wajan. mereka berani mengambl konsekuansi itu untuk menghasilkan mahakarya abadi yang lezat. setelah itu bisa kita tutup bisa tidak wajannya. Dan selang 1 menit baru mie kita masukkan di dalam wajan tadi beseerta irisan sawi. Jangan lupa saat awal tadi pastikan air jangan terlalu sedikit selain nanti cepet asat nanti juga akan mempengaruhi pada proses cita rasa mie. itu juga kenapa mie instan buataan aak burjo itu bisa enak, tidak terlalu nyemek juga enggak terlalu mentah juga enggak.

Setelah 2 menit dari mie nya dimasukkan tadi tiriskan kan, jangan lupa buka dulu bumbunya dipiring. jangan sekali kali mencampurkan bumbu diatas mie karena uap panas mie akan merubah rasa bumbu. jadi pastikan bumbu dimasukkan ke dlam mangkok terlebih dahulu. Untuk mie instan goreng memang aak burjo paling juara namun untuk mie rebus benernya yang paling enak adalah buatan paklik paklik angkringan.

Kenapa mie instan godog enak di angkringan? karena pembakaran yang stabil dari sumber api yang menguarkan unsur panas itu menjadi kunci nya, palagi jika arang yang digunakan terbuat dari kayu pisang atau arang salah pondok seperti yang pernah Gus Vindra ceritakan pada tulisan Peran Arang Kayu Dalam Pembentukan Karakter Pemuda Pemudi Harapan Bangsa . Pembakaran ke wajan yang stabil membuat mie instan godog buatan angkringan sangat nikmat. namun sangat susah di era sekarang ini menemukan Angkringan yang mau memasakkan mie instan atau memasak mie instan menggunakan arang kayu. Kebanyakan tidak menerima pembuatan mie instan atau mereka bahkan sudah keluardari pakem dengan menggunakan kompor gas.

Jadi jangan tanya kenapa juga bakmi bakmi jawa yang enak itu dimasak menggunakan wajan dan menggunakan arang bukan mengguakan panci dan kompor gas. Sekian dulu tulisan dari saya. Inti nya adalah penggunaan wajan dan perapian yang stabil. Dilain waktu ane akan membahas megenai bisnis menjanjikan dengan membuat starup warung burjo. Tulisan ini membutuhkan riset selama 15 tahun dan ane sendiri butuh waktu 5 tahun dengan train eror untuk membuat mie instan seperti aak burjo. Jadi selamat mencoba

Author: iQbal Khan

Full Time Blogger | Grey Hat SEO | Web Developer & Optimization

Comments 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares